Penajam Ibukota Baru

Ibu Kota Pindah, Yuk Koleksi Saham-Saham Ini!

Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo resmi memilih Kalimantan Timur, tepatnya Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, menjadi ibu kota baru. Kebijakan ini dinilai akan membawa angin segar untuk beberapa emiten yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Analis Panin Sekuritas William Hartano mengatakan, pemindahan ibu kota baru akan menguntungkan sektor properti.

“Akan ada banyak pembangunan di Ibukota baru, dan karena status sebagai Ibu kota maka harga tanah dan property akan naik,” kata William

1. Telah memiliki land bank di Kalimantan, CTRA akan diuntungkan
Ia mengatakan salah satu emiten yang akan diuntungkan dari adanya pemindahan ibu kota adalah Ciputra Develepoment Tbk (CTRA). Sebab, emiten berkode saham CTRA tersebut telah memiilliki land bank di wilayah Kalimantan Timur. Dengan pemindahan ibu kota ke sana, harga tanah berpotensi juga mengalami kenaikan.

2. Investor dapat melakukan aksi beli dari sekarang
Bukan hanya CTRA, saham yang berpotensi untung. Dia menyebutkan sejumlah nama emiten seperti Wika (WIKA), Waskita (WSKT), Citra Development (CTRA), Bumi Serpong Damai (BSDE), PP Persero (PTPP), PP Properti (PPRO) dan Waskita Beton (WTON).

Ia menyarankan Investor dapat melakukan aksi beli saham-saham properti lain yang berpotensi untung dari sekarang. “Bisa dibeli dari sekarang, baik untuk mengikuti sentimen jangka pendek maupun potensi jangka panjangnya,” kata dia.

3. Berikut target harga untuk jangka menengah-panjang
Adapun target harga yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

WIKA 2500 – 2800
WSKT 2200 – 2800
CTRA 1400 – 1800
BSDE 1500 – 1700
PTPP 2250 – 2400
PPRO 150
WTON 600 – 750

4. Sektor properti dan kontruksi akan terkerek naik
Senada, Analis Binaartha Sekuritas menilai saham-saham sektor properti dan kontruksi akan terkena dampak positif dari kebijakan pemerintah memindahkan ibu kota. Saham-saham yang akan diuntungkan menurutnya adalah, Bumi Serpong Damai (BSDE), Citra Development ( CTRA) dan PP Properti (PPRO).

Emiten-emiten tersebut, kata dia, telah memiliki landbank di Kalimantan. “Terdapat sebagian dari emiten-emiten tersebut yang sudah memiliki proyek di kawasan ibu kota baru tersebut,” ucapnya.

Selain itu, ia menjelaskan Waskita Beton (WSBP), Wijaya Karya (WIKA), Wijaya Karya Beton (WTON) telah memiliki pabrik di wilayah Kalimantan. “Sementara, Jasa Maega mengelola Tol Samarinda-Balikpapan,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *