Berat Badanmu Ideal

Inilah Tanda-Tanda Berat Badanmu Ideal

Kita sering kali melihat arti-artis memamerkan body goal-nya dan membuat kita sering bertanya-tanya dengan bentuk tubuh kita sendiri: apakah bentuk badan kita sudah ideal atau belum? Hal itu bisa diperhatikan lewat berat badan.

Namun berat badan yang ideal sendiri tidak bisa disamakan antara satu sama lain. Ketimbang bingung berapa berat badan yang ideal, baiknya kamu memperhatikan tanda-tanda kamu memiliki berat badan yang ideal ini.

1. Berat badanmu tidak lagi turun
Jika kamu sudah konsisten ke gym, berolahraga hingga bercucuran keringat, bahkan melakukan diet yang sehat dan sesuai anjuran pakar nutrisi, tetapi beratmu tak kunjung turun, itu berarti berat badanmu sudah ideal. Namun jangan langsung berpikiran begitu juga. Bisa jadi beratmu juga tidak turun dikarenakan karena kamu kurang berusaha. Lebih baik mengecek dahulu body mass index-mu.

2. Energimu tetap tinggi
Umumnya kelelahan datang dari penumpukan lemak atau kekurangan nutrisi. Jika tubuhmu tetap berenergi, itu berarti kamu sudah mencapai berat badan ideal walaupun kamu merasa terlalu kurus atau kelebihan berat badan. Tubuh ideal ditandakan dengan tubuh yang tidak mudah lelah.

3. Tidurmu tenang
Obesitas mengganggu pola tidurmu. Entah kamu terbangun secara tiba-tiba atau susah bernapas, yang pasti kamu tidak akan merasakan lega dengan kualitas tidurmu. Sebaliknya, jika berat badanmu sudah ideal seharusnya kamu akan lebih mudah nyenyak dalam tidur.

4. Tidak mudah lapar
Mereka yang sudah berada di berat tubuh ideal memiliki waktu lapar sekitar tiga hingga lima jam dari waktu terakhir kamu makan. Jika kamu masih mudah merasa lapar, bisa jadi berat badanmu menjadi masalahnya. Tapi itu juga bisa mengindikasikan hal lain, seperti kamu mendapatkan cacingan dan lain sebagainya.

5. Berat badan stabil
Ketika kamu melihat ke angka timbangan dan membandingkannya dengan berat tubuh idealmu, ternyata angka tersebut tak kunjung berubah. Tidak naik, tapi juga tidak turun. Itu mengindikasikan kamu sudah berada di area berat badan idealmu. Perlu diingat bentuk badan orang berbeda-beda. Ada yang besar tetapi sebenarnya hampir tidak memiliki lemak sama sekali. Jadi jangan bingung jika berat badanmu tidak turun padahal menurutmu badanmu tergolong besar.

Dikatakan oleh jurnal berjudul “Ideal body weight or BMI: so, what’s it to be?” dari zaman ke zaman ukuran berat tubuh yang ideal berubah-ubah dikarenakan bentuk tubuh seseorang juga mengalami perubahan. Masalah berat ini sering pula dikaitkan dengan kesehatan.

Karena itu ketimbang bingung apakah berat badanmu ideal apa tidak, lebih baik kamu mempertanyakan apakah tubuhmu ini sudah sehat atau belum. Mudahnya tubuh yang sehat pasti memiliki tubuh yang ideal pula. Jadi walaupun kamu tampak kurus atau gendut, tapi jika tidak mudah sakit, itu berarti berat tubuhmu sudah baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *