security camera system
Cara Mengatasi Hipoglikemia

Pengobatan dan Cara Mengatasi Hipoglikemia

Cara Mengatasi Hipoglikemia
Sumber: doktersehat.com

Hipoglikemia? Penyakit apakah itu? Pernahkah kamu mendengar nama penyakit ini sebelumnya? Namanya memang tidak begitu familiar bagi masyarakat umum. Apakah itu? apa saja penyebabnya? Bagaimana cara mengatasi hipoglikemia ini? Menurut doktersehat.com hipoglikemia adalah sebuah keadaan darurat yang harus mendapatkan penanganan dengan segera. Terlebih apabila penyakit ini terjadi secara terus menrus sehingga perlu diidentifikasi dan diterapi penyebab utama. Dilansir dari hellosehat.com hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah tubuh atau glukosa terlalu rendah, yaitu di bawah 70mg/dL. Orang yang menderita penyakit diabetes lebih rentan mengalami kondisi ini karena mereka sering menggunakan insulin buata atau obat-obatant ertentu untuk menurunkan kadar gula di darah. Hipoglikemia menurut alodokter.com adalah kondisi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah normal. kondisi ini sering dialami oleh penderita diabetes akibat obat-obatan yang dikonsumsi. Kondisi lain yang menyebabkan hipoglikemia terutama bagi penderita diabetes adalah olahraga berlebihan atau aktivitas berat lainnya tanpa asupan makanan yang cukup, pola makan yang tidak teratur, menunda makan atau konsumsi manakan terlalu sedikit, dan mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan tanpa makan yang dapat mencegah liver melepaskan simpanan glukosa ke dalam darah.

Kamu perlu tahu bahwa kadar gula darah normal berkisar antara 70-110 mg/dl. Kamu dapat tidak dapat mengetahui dengan pasti apakah kamu mengalami penyakit ini atau tidak tanpa melakukan tes glukosa darah. Apabila tes menunjukkan gula darah di bawah 70 mg/dl berarti kamu mengalami hipoglikemia. Bagi penderita diabetes, konsultasi dengan dokter penyakit dalam minimal dua jali dalam setahun sangat diperlukan. Hal ini diperlukan untuk mengevaluasi pengobatan dan mendeteksi komplikasi yang bisa terjadi. selain kadar gula darah, pada umumnya dokter juga akan melakuakn tes fungsi kelenjar adrenal, hati dan ginjal untuk mendeteksi hipoglukemia.

Bagaimana dengan cara mengatasi hipoglikemia ini? Penderita diabetes yang mengalami keluhan penyakit ini diharuskan mengonsumsi makanan seperti permen, camilan manis, atau minuman sirup agar kadar gula meningkat. Selain itu dapat dengan mengonsumsi makanan-makanan dengan indeks glukemik yang tinggi seperti nasi putih, roti putih dan sereal. Gejala akan dapat mereka setelah sepuluh sampai dua puluh menit. Apabila tidak segera ditangani, penderita penyakit ini dapat mengalami kejarng, penurunan kesadaran hingga kematian. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengetahui gejala dari penyakit ini. Apa saja gejalanya?

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini antara lain bibir kesemutan, berkeringat dingin, jantung berdebar-debar, gangguan penglihatan, tampak kebingungan dan kehilangan kesadaran. Gejala dari penyakit ini dapat muncul secara tiba-tiba dan bervariasi pada tiap penderita. Gejala tersebut meliputi rasa mudah marah, sulit berkonsentrasi, mudah lapar, kesemutan dan lelah. Penyakit ini akan memburuk jika dibiarkan, terutama bila penderita tidak menyadari kuadar gula darah turun, akibatnya penderita dapat mengalmai gangguan penglihatan, mengalami penurunan kesadaran, kejang, dan tampak bingung dan berperilaku tidak normal.

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang cara mengatasi hipoglikemia. Penyakit ini sangat serius dan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengenali gejalanya dengan baik. Entah itu kamu atau orang terdekatmu yang mungkin memiliki gejala yang sama, segera mengambil tindakan dengan berkonsultasi dengan dokter. Berkonsultasilah untuk mendapat penanganan yang tepat. Jika kamu seorang penderita diabetes, maka kamu perlu berhati-hati karena kamu berisiko tinggi untuk terkena penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *